Peralatan Dapur Alternatif Ramah Lingkungan

Bagi Anda yang hobi masak, entah itu pria ataupun wanita pastinya memiliki segudang peralatan masak. Namun ada beberapa peralatan yang sudah dibeli dan tidak dipakai maka dari itu peralatan tadi menjadi mubazir dan malah menumpuk di lemari dapur.

Dengan banyaknya peralatan malah terkadang membingungkan bagi pemilik rumah, oleh sebab itu furnibel.com akan membahas dalam 5 peralatan dapur yang mungkin Anda butuhkan ;

1. Panci berukuran besar

Jika anda telah memiliki panci yang berukuran kecil, anda juga perlu panci yang besar juga. Apabila jika dibandingkan dengan panci berukuran mini, panci besar mempunyai beberapa manfaat lain dalam dapur dan tidak semata-mata untuk membuat sup saja akan tetapi bisa digunakan untuk mengukus sayur-sayuran, merebus pasta, hingga memasak untuk persiapan acara besar atau kumpul-kumpul.

2. Cutting tools (alat pemotong makanan)

Jari yang tidak sengaja teriris oleh pisau saat memotong bumbu atau sayuran adalah hal-hal yang tidak terlalu jarang bagi mereka yang tidak terbiasa dengan pisau. Dengan adanya alat pemotong bumbu/sayuran, Anda yang tidak terlalu berteman dengan pisau dapur bisa memanfaatkan ini sebagai alternatif akan tetapi Anda nantinya tidak mempunyai skill dalam memotong bumbu jadi gunakan sesekali saja misalnya saat makan besar yang membutuhkan bumbu banyak.

3. Pisau gepeng pemotong daging

Pisau ini memang berbentuk gepeng, namun meskipun gepeng pisau ini berat dibanding pisau biasa. Fungsi dari pisau ini pun untuk memotong makanan berat dan alot misalnya daging atau membelah nangka. Sehingga pisau kecil untuk memotong bumbu tetap terjaga sedangkan untuk memotong makanan berat, Anda bisa gunakan pisau ini. Bermanfaat bukan?

4. Mesin pencampur (Blender)

Dahulu sebelum ada blender, orang-orang menghancurkan bumbu atau makanan dengan cara di tumbuk dengan kuat. Namun seiring perkembangan zaman, mulai bermunculan alat baru yang memudahkan manusia, termasuk blender. Secara singkat memiliki blender tidak terlalu penting apalagi bagi mereka yang tidak suka membuat jus. Namun blender bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain seperti halnya membuat sambal, saus, hingga mencampurkan adonan agar lebih tercampur baik.

5. Wajan yang memiliki gagang

Wajan dengan gagang tidak bisa disamakan dengan wajan biasa, wajan bergagang bahkan bisa dipakai untuk memanggang. Apalagi wajan modern yang memiliki lapisan sehingga tidak perlu banyak minyak untuk menggoreng telur. Hal ini bisa menjadi opsi bagus bagi Anda yang ingin menghemat minyak goreng, walaupun mahal, akan tetapi lebih baik jika digunakan ke depannya. Alias berat di awal dan ringan seterusnya.

Setelah memperhatikan beberapa peralatan penting di atas, sekarang kita beralih pada cara perawan benda dapur. Karena banyak peralatan dapur yang sudah retak, usang, bahkan rusak yang tidak di sadari. Peralatan dapur yang sudah usang juga bisa mempengaruhi kualitas dan kebersihan makanan.

Maka dari itu furnibel.com mencoba membahas cara perawatan atau alternatif dalam benda dapur :

  • Papan potong berbahan kayu


Perawatan yang bagus dengan di jemur/di keringkan setelah dipakai, papan potong berbahan kayu bisa bertahan lama dan awet, apalagi yang terbuat dari kayu jati. Akan tetapi jika sudah terlihat terkikis dan ingin di ganti, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Dan jangan buang begitu saja papan potong yang lama, karena apa? papan tadi untuk memotong benda-benda yang keras seperti daging, jadi papan potong yang baru akan lebih awet.

  • Wadah plastik

Perhatikan seberapa sering Anda menggunakan wadah plastik, Pernahkan Anda memperhatikan saat setelah mencuci wadah berbahan plastik namun tetap tercium bau tidak sedap? Waspadai wadah-wadah seperti itu karena bisa berbahaya bagi kesehatan, pilihlah wadah yang mudah di bersihkan dan tidak meninggalkan aroma tak sedap. Anda bisa mencoba wadah buah dari kayu dari furnibel.com

  • Wajan anti lengket

Apakah permukaan wajan anti lengket Anda sudah dipenuhi goresan sana sini? Jika sudah, lebih baik di ganti karena lapisan anti lengketnya terkadang terkelupas saat meniriskan makanan. Kalau bisa hindari sodet yang berbahan besi, karena besi akan kembali menggores wajan anti lengket Anda, meskipun sudah beli baru akan tetapi dengan sodet yang sama yaitu besi, bisa saja akan cepat tergores lagi.

Itulah sedikit pembahasan tentang beberapa peralatan dapur dan alternatifnya, terimakasih telah berkunjung ke furnibel.com

Tinggalkan Balasan